Direktorat Obat Asli Indonesia telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Industri Kecil Obat Asli Indonesia Dalam Menghadapi Pasar Global di Semarang pada tanggal 09 – 10 Mei 2012 dan Banjarmasin pada tanggal 4 – 7 November 2012 yang diikuti oleh 30 peserta UKOT/UMOT dari daerah Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan.

Tujuan kegiatan ini antara lain meningkatkan pengetahuan peserta dalam memproduksi obat bahan alam secara baik dan benar sampai pemasaran produk agar dapat bersaing di pasar global, menambah wawasan peserta melalui kunjungan secara langsung di sarana industri obat tradisional yang telah menjalankan Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik (CPOTB), sebagai wahana saling tukar informasi seputar obat bahan alam antar sesama peserta.

Materi yang disampaikan yaitu Hasil Pengawasan Obat Tradisional, Peraturan di bidang Obat Tradisional, Pemilihan dan Pengolahan Bahan Baku yang Benar, Hygiene dan Sanitasi, Dokumentasi yang baik dan Promosi dan Peningkatan Pasar Penjualan Obat Tradisional dengan pembicara DR. Sherley, M.Si (Direktur Obat Asli Indonesia), DR. Tepy Usia, M.Phil (Kasubdit Bimbingan Industri OAI) dan Meiske Lucie Tumbol, S.Si., Apt (Kasi Layanan Teknologi dan Manajemen Mutu OAI.

Dari hasil evaluasi kegiatan (pre test, post test, kuisioner) menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan hasil yang sangat signifikan; dimana dari sepuluh pertanyaan yang diajukan hampir seluruhnya mengalami peningkatan jumlah kebenarannya. Hal ini menunjukkan bahwa Pelatihan Peningkatan Kemampuan Industri Kecil Obat Asli Indonesia Dalam Menghadapi Pasar Global yang dilakukan oleh SubDit Bimbingan Industri Obat Asli Indonesia di Semarang dan Banjarmasin berhasil dengan baik dan mampu meningkatkan pengetahuan pelaku usaha di bidang obat tradisional di daerah tersebut. Untuk itu SubDit Bimbingan Industri Obat Asli Indonesia akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelatihan sehingga dapat memenuhi harapan para pelaku usaha.