Konsumsi masyarakat terhadap produk obat bahan alam cenderung terus meningkat, seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat termasuk pola konsumsinya. Sementara itu pengetahuan masyarakat masih belum memadai untuk dapat memilih dan menggunakan produk secara tepat, benar dan aman. Dilain pihak, iklan dan promosi secara gencar mendorong konsumen untuk mengkonsumsi secara berlebihan dan sering kali menjadi tidak rasional.
Upaya pengembangan obat asli Indonesia perlu disertai dengan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), agar masyarakat mampu memanfaatkan obat bahan alam secara optimal untuk pemeliharaan kesehatan serta mampu memilih produk yang baik dan benar. Untuk itu Direktorat Obat Asli Indonesia menyelenggarakan talkshow di Metro TV pada September 2011 dengan tema dan narasumber yaitu :

Episode 1 : Mari tingkatkan mutu jamu Indonesia dengan narasumber:
– Ibu Dra. Kustantinah, M. App. Sc. (Kepala Badan POM)
– Bapak DR. Charles Saerang (Ketua GP Jamu)

Episode 2 : Mari minum jamu secara baik dan benar dengan narasumber:
– Bapak Drs. Ruslan Aspan, MM (Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen Badan POM)
– Ibu Putri Kusumawardhani (PT Mustika Ratu)

Episode 3 : Mari lestarikan budaya minum jamu dengan narasumber:
– Bapak Drs. Ruslan Aspan, MM (Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen Badan POM)
– Ibu DR. Martha Tilaar (PT Martina Berto)

Talkshow tersebut juga bertujuan untuk lebih mendekatkan Badan POM dengan masyarakat dan sebagai sarana sosialisasi terhadap berbagai perkembangan penelitian, regulasi dan kebijakan yang berhubungan dengan obat dan makanan pada umumnya dan obat tradisional pada khususnya.