Sebagai salah satu bentuk nyata dukungan pemerintah dalam meningkatkan kemampuan UMKM dalam memenuhi persyaratan teknis untukmenghasilkan produk yang memenuhi syarat dan dapat bersaing di pasar global, Badan POM melalui Direktorat Obat Asli Indonesia telah melakukan kegiatan sosialisasi dan KIE kepada UMKM. Salah satu bentuk KIE yang dilakukan adalah dalam bentuk acara cerdas cermat antar UMKM. UMKM yang diundang sebagai peserta adalah UMKM yang telah dilakukan pendampingan sebelumnya. Cerdas cermat ini ditujukan untuk menggali pengetahuan UMKM mengenai aspek regulasi ataupun sanitasi higiene yang diterapkan pada UMKM.

Acara cerdas cermat ini diselenggarakan tanggal 7 Desember 2015 bertempat di Aula Gedung C Badan POM. Cerdas cermat diikuti oleh 6 (enam) tim yang terdiri dari 3 peserta tiap tim. Tim tersebut yaitu tim 1 (Tim UKOT Kabupaten Sukoharjo) terdiri dari perwakilan PT Gujati 59, CV Wisnu JKW dan PJ Bisma Sehat; tim 2 (Tim UKOT Kabupaten Banyuwangi) terdiri dari perwakilan CV Putri Husada, CV Putri Sakti dan CV Dua Singa; tim 3 (Tim UKOT Jabodetabek 1) terdiri dari perwakilan CV Toga Nusantara, CV Vermindo Internasional dan CV Vicomas Internasional; tim 4 (Tim UKOT Jabodetabek 2) terdiri dari perwakilan CV Toga Nusantara, CV Mahesa Pusaka Abadi dan CV Herbal Insani; tim 5 (Tim UKOT Jabodetabek 3) terdiri dari perwakilan CV Elanazma, Griya Annur dan Sukses Abadi Raya; serta tim 6 (Tim UKOT Kabupaten Serang) terdiri dari perwakilan PT Tanqa Putra Jaya dan dua orang peserta perwakilan dari PT Bahagia Idkho Mandiri.

Cerdas cermat dilakukan dalam dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final. Metode Cerdas Cermat yang dilakukan yaitu metode kuis (Tic Tac Toe dan Teka Teki Silang) untuk babak penyisihan dan pertanyaan rebutan untuk babak final. Babak penyisihan dibagi menjadi dua yaitu babak penyisihan I dan II. Untuk menentukan tim yang bertanding pada babak penyisihan dilakukan pengundian. Tim yang bertanding pada babak penyisihan I yaitu tim Jabodetabek 2 (tim A), tim Banten/Serang (tim B) dan Jabodetabek 1 (tim C). Pemenang pada babak penyisihan I yaitu tim Jabodetabek 1. Tim yang bertanding pada babak penyisihan II yaitu tim Jabodetabek 3 (tim A), tim Sukoharjo (tim B) dan Banyuwangi (tim C). Pemenang pada babak penyisihan II yaitu tim Jabodetabek 3.Jeda waktu antar babak digunakan untuk menarik antusiasme penonton yaitu dengan memberikan kuis berhadiah souvenir dari Direktorat Obat Asli Indonesia. Penonton berebut untk menjawab pertanyaan yang dilontarkan MC. Pada babak final pemenang babak penyisihan I yaitu tim Jabodetabek 1 berhadapan dengan pemenang babak penyisihan II yaitu tim Jabodetabek 3. Babak final berlangsung sangat seru dengan pertanyaan rebutan. Pemenang 1 adalah tim Jabodetabek 3 dan berhasil mendapatkan hadiah vacuum cleaner kapasitas 15 L dan pemenang 2 adalah tim Jabodetabek 2 dan berhasil mendapatkan hadiah vacuum cleaner kapasitas 13,5 L yang diserahkan langsung oleh Direktur Obat Asli Indonesia Dra. Mauizzati Purba, Apt., M.Kes. Hadiah yang diberikan kepada peserta diharapkan dapat dipergunakan pada usaha mereka. Cerdas cermat ini dapat memberikan sekilas gambaran atau evaluasi mengenai keberhasilan pendampingan pada UMKM OT yaitu bertambahnya pengetahuan mengenai aspek-aspek yang perlu diterapkan pada UMKM. Peserta berharap untuk kedepannya kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi karena memacu peserta untuk meningkatkan kualitas UMKM OT.