Dalam rangka kegiatan pemberdayaan masyarakat tentang keamanan dan manfaat obat asli Indonesia, pada tanggal 15-18 April 20115 Direktorat Obat Asli Indonesia (OAI) Badan POM mengikuti Pameran Indogreen Forestry 2015 di Hall B Jakarta Convention Center. Pameran tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Kementerian Kehutanan. Selain Direktorat Obat Asli Indonesia BPOM, pameran ini juga diikuti oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, perusahaan BUMN swasta, serta pelaku usaha mikro dan kecil.

Direktorat Obat Asli Indonesia mengusung tema ‘THE POWER OF OBAT ASLI INDONESIA”: Kekuatan Budaya Nusantara Untuk Kesehatan Dunia dengan menampilkan berbagai produk informasi seperti banner, leaflet, poster, buku terbitan Direktorat OAI, database SIOBA (Sistem Informasi Obat Bahan Alam), tanaman obat, minuman kesehatan (jamu, sari jeruk, dan sari jahe).

Beberapa tanaman Obat seperti binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis), Gempur Batu (Borreria hispida Schum.) dan Daun Insulin (Tithonia diversifolia (Hemsl.) A.Gray), dibagikan kepada pengunjung stand. Agar menarik lebih banyak pengunjung, Direktorat Obat Asli Indonesia BPOM mengadakan kuis yang berisi pertanyaan pengetahuan seputar obat tradisional.

Stand Direktorat OAI dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa, ibu PKK, LSM dan pelaku usaha obat tradisional. Selama pameran tercatat lebih dari 900 (sembilan ratus) pengunjung yang mengunjungi stand Direktorat OAI. Beberapa pengunjung sangat tertarik dengan informasi tanaman obat yang diberikan, mereka menyatakan bahwa ada beberapa tanaman yang mereka ketahui dan masih banyak tanaman yang belum diketahui. Pada kesempatan ini, banyak sekali pengunjung yang melakukan diskusi dengan petugas mengenai kasiat dari tanaman tersebut.

Pada saat penutupan pameran, stand Direktorat Obat Asli Indonesia terpilih sebagai stand terbaik ketiga kategori Kementerian/Lembaga.