Pada masa krisis ekonomi yang melanda bangsa Indonesia, UMKM terbukti mampu bertahan dan menjadi pilar perekonomian bangsa. Berdasarkan data BPS tahun 2014, jumlah UMKM makanan dan minuman sebanyak 1.243.185 dan UMKM bidang farmasi dan Obat tradisional sebanyak 6.444 dengan jumlah tenaga kerja masing-masing sebesar 2.908.034 dan 102.723 orang di mana lebih dari 40% pelaku usaha UMKM adalah perempuan. Kondisi ini menunjukkan peran perempuan sebagai penopang kesehatan dan penunjang ekonomi keluarga dan bangsa. Sebagai salah satu wujud dukungan terhadap UMKM terutama di bidang obat tradisional, kosmetik dan pangan, Badan POM bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak menandatangani Nota Kesepahaman Bersama untuk meningkatkan kemitraan dalam bentuk komunikasi, advokasi, dan edukasi kepada masyarakat baik konsumen maupun produsen utamanya usaha mikro, dimana peran perempuan sangat besar dalam pengawasan Obat dan Makanan.
Bersamaan dengan itu, Badan POM juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) pada tanggal 7-8 Desember 2015. Kegiatan KIE ini dimeriahkan dengan bazar “Pasar Jamu”sebagai sarana bagi para UMKM Obat Tradisional, kosmetik, dan pangan IRT yang untuk mempromosikan produknya. Selain itu diadakan lomba cerdas cermat sebagai evaluasi pemahaman peserta UMKM OT pada kegiatan sosialisasi dan pendampingan teknis 2015 tentang Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

Dalam rangkaian kegiatan KIE ini juga diselenggarakan seminar ilmiah tanaman obat pegagan untukmeningkatkan kompetensi apoteker selaku penanggung jawab industri obat tradisional sehingga dapat mengembangkan produknya dan mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional serta tercipta komunikasi yang sinergis diantara peneliti/akademisi, pelaku usaha industri obat tradisonal, pemerintah dan komunitas atau asosiasi di bidang obat tradisional. Badan POM juga menyediakanfasilitas food safety corner sebagai wahana edukasi keamanan pangan, di mana tersedia materi informasi berupa leaflet, poster, majalah, buku, dan video.