Seiring dengan perubahan gaya hidup, konsumsi masyarakat terhadap produk-produk farmasi dan makanan termasuk juga obat tradisional/obat herbal cenderung terus meningkat. Hal ini terjadi akibat pola perdagangan yang lebih mudah baik lokal maupun global mengakibatkan adanya peningkatan penyebaran produk yang sangat luas dan mampu menjangkau seluruh strata masyarakat. Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya hayati dan tenaga kerja harus dapat memanfaatkan kesempatan pasar bebas dengan meningkatkan pemasaran produk lokal untuk membendung serbuan produk dari luar negeri; tanpa mengabaikan kesempatan untuk bersaing di luar negeri. Produk-produk yang mampu bersaing baik dipasar lokal maupun global adalah produk yang bermutu terutama yang terjamin keamanannya.

Untuk dapat bersaing, pelaku usaha harus berupaya meningkatkan mutu dan keamanan produk serta cerdik memanfaatkan peluang pasar yang tersedia. Dengandemikian Indonesia tidak hanya menjadi pasar yang menjanjikan bagi produk luar negeri yang menyerbu negara kita tetapi juga menjadi tuan rumah bagi produk lokal. Oleh karena itu pelaku usaha di bidang ini utamanya UMKM perlu dibantu untuk dapat membuka wawasan dengan mengetahui berbagai peraturan dan persyaratan teknis serta pemanfaatan pasar yang ada dengan cara menyelenggarakan Workshop Peluang Pasar Obat Tradisional Indonesia.
Melalui workshop ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan pelaku usahaUMKM Obat Tradisional, Industri Obat Tradisional (IOT) dan Industri Ekstrak Bahan Alam (IEBA) dalam memanfaatkan peluang pasar baik local maupun global.

Workshop diselengarakan oleh Direktorat Obat asli Indonesia – Badan POM RI pada hari Kamis-Jumat tanggal 13-14 Agustus 2015 bertempat di Aula Gedung C Badan Pengawas Obat dan Makanan RI dengan dihadiri oleh 205 peserta yang terdiri dari: UMKM Obat Tradisional, Industri Obat Tradisional (IOT), Industri Ekstrak Bahan Alam (IEBA), Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia (Aspetri) dan Apoteker yang ingin menambah wawasan dan pengetahuanya di bidang peluang pasar obat tradisional Indonesia.

Workshop Peluang Pasar Obat Tradisional Indonesia dilakukan melalui penyampaian materi oleh 5 orang narasumber dan kemudian dilanjutkandiskusi dan tanya jawab dengan peserta. Topik materi presentasi dan narasumber yang disampaikan terdiri dari:
1. Arah kebijakan peningkatan peluang pasar bagi UMKM OT.
Narasumber : Drs. T. Bahdar J. Hamid, Apt., M. Pharm (Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Produk Komplemen dan Suplemen Makanan, Badan POM RI)
2. Peluang Ekspor Obat Tradisional Indonesia di Pasar Global.
Narasumber : Zulkarnain Bachtar (Direktorat Penegembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan RI)
3. Peluang Pasar Obat Tradisional Indonesia di Indonesia dan Pasar Global.
Narasumber: Dipl. Ing. Thomas Hartono (Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gabungan Pengusaha Jamu/GP-Jamu)
4. Peluang Pasar Obat Tradisional Indonesia
Narasumber : Akhmad Junaidi, SE.ME (Peneliti Madya Bidang Manajemen Koperasidan UKM Kementerian Koperasi dan UKM)
5. Kiat Sukses Menembus Pasar Obat Hebal Lokal
Narasumber : dr. Hartono Kho dan Dickson Susanto,B.Bus (PT Soho Global Health).