Sentra Informasi Obat Bahan Alam (SIOBA) Badan POM RI

Seiring dengan meningkatnya penggunaan obat bahan alam oleh berbagai lapisan masyarakat baik untuk pemeliharaan kesehatan maupun untuk tujuan pengobatan, tentunya menjadi sangat penting untuk menyediakan dukungan informasi yang memadai terutama terkait dengan aspek keamanan obat bahan alam itu sendiri serta sejauh mana ketersediaan informasi yang berkaitan dengan aspek kemanfaatan atau khasiatnya.

SIOBA Badan POM RI yang pengembangannya dilakukan oleh Direktorat Obat Asli Indonesia, diharapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi alternatif berbasis elektronik yang dapat memenuhi sebagian kebutuhan masyarakat akan informasi keamanan dan kemanfaatan/khasiat obat bahan alam sehingga dapat mengedukasi penggunaannya menjadi lebih aman, tepat dan rasional. Beberapa menu didalam SIOBA yang dikembangkan untuk memberikan informasi tentang keamanan dan kemanfaatan/khasiat obat bahan alam antara lain: informasi umum tentang tumbuhan obat, penggunaan empiris/tradisional, penggunaan yang didukung data ilmiah, kandungan kimia tumbuhan obat serta ramuan etnomedisin yang merupakan hasil survei ke beberapa daerah. Disamping itu, telah disiapkan juga menu terkait teknologi produksi obat bahan alam yang ditujukan untuk pengembangan produk serta beberapa menu pendukung lainnya.

Pada prosesnya, informasi yang tersaji tersebut diolah dari berbagai sumber yang ada serta sebagiannya sudah merupakan hasil kajian tim penyusun dari Badan POM RI bersama nara sumber ahli dari beberapa perguruan tinggi dengan bidang keahlian terkait antara lain: farmasi, farmakologi, kedokteran, biologi dan fitokimia yang disesuaikan dengan jenis informasi yang ada. Informasi yang akan disajikan adalah sebagai upaya untuk dapat mendorong peningkatan terhadap yaitu: pemanfatan obat bahan alam secara lebih aman, tepat dan rasional oleh masyarakat dan praktisi kesehatan herbal; penelitian berkelanjutan yang lebih terarah; serta dapat dijadikan sebagai informasi tambahan untuk tujuan pengembangan produk.

Kami menyadari bahwa informasi yang ditampilkan dalam SIOBA ini masih mempunyai banyak keterbatasan, oleh karena itu tetap perlu dilakukan pemutakhiran data sesuai perkembangan terkini. Kritikan dan saran yang membangun sangat kami butuhkan sehingga SIOBA ini dapat memenuhi harapan berbagai pihak yang berkepentingan akan informasi tentang obat bahan alam.

Beberapa informasi tentang tumbuhan obat yang tercantum menggunakan istilah al: antibakteri, antiinflamasi, diabetes mellitus dll yang terdapat pada salah satu menu SIOBA hanya ditujukan untuk memudahkan pengelompokan aktifitas farmakologi. Informasi aktifitas farmakologi tersebut ditujukan untuk menginformasikan sejauh mana dukungan data ilmiah yang ada terkait tumbuhan obat bersangkutan. Sedangkan untuk memperoleh persetujuan klaim khasiat tertentu pada proses pendaftaran (registrasi) produk yang mengandung tumbuhan obat tersebut, tetap harus mengikuti semua ketentuan yang berlaku. Disamping itu, informasi ini tidak ditujukan untuk menggantikan profesi kesehatan dalam mendiagnosa dan menetapkan terapinya; tetapi terutama ditujukan sebagai bahan masukan dalam memutuskan untuk menerima/memberikan suatu terapi herbal setelah terlebih dahulu melalui berbagai pertimbangan penting.